Apa itu Bitcoin ?

Bitcoin atau yang sering disebut juga Satoshi adalah mata uang digital yang dibuat oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin tidak memiliki badan hukum yang mengatur peredarannya, melaksanakan transaksi atau untuk mengawasi, karena setiap komputer yang terhubung  akan selalu menyamakan database dan memproses transaksi Bitcoin (peer-to-peer). Bitcoin diciptakan hanya sebanyak 21 juta Bitcoin.




Lalu apakah mata uang ini aman ?
Transaksi Bitcoin diamankan oleh kriptografi tingkat militer. Tidak seorang pun yang bisa menggunakan uang Anda atau melakukan pembayaran atas nama Anda. Selama Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi dompet Anda, Bitcoin dapat memberikan Anda kendali penuh atas uang Anda dan tingkat proteksi yang kuat terhadap banyak jenis penipuan.. Prinsip kerja sederhana Bitcoin seperti berikut :
  • Untuk mengirim dan menerima Bitcoin (satuan mata uang digital) Anda harus memiliki alamat Bitcoin. misal : 1Kjb7Nfn7TMLLKdkezmH42GkakzEF2hJNo (sekitar 33 karakter)
  • Untuk mendapatkan alamat Bitcoin anda diwajibkan memiliki dompet. Seperti pengertian dompet pada umumnya, dompet ini juga berfungsi untuk menyimpan Bitcoin Anda. Salah satu dompet / Wallet bisa dibuat disini Blockchain.info
  • Cara mendapatkan Bitcoin juga berbagai macam. Mulai dari membeli, mining, trading, gambling dan masih banyak cara yang lainnya (selengkapnya...)
Nah posisi tidak amannya adalah ketika web tempat anda membuka wallet tutup atau bermasalah maka Bitcoin anda tidak dapat diambil. Selalu gunakan penyedia wallet yang terpercaya berdasarkan rekomendasi bitcoin.org

Hampir Gratis untuk Digunakan
Bitcoin memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan sangat murah. Kecuali untuk kasus spesial seperti pembayaran-mikro, tidak ada biaya yang diterapkan. Namun direkomendasikan untuk membayar biaya sukarela lebih tinggi untuk konfirmasi yang lebih cepat untuk transaksi Anda dan untuk menggaji orang yang mengoperasikan jaringan Bitcoin.

Melindungi Identitas Anda
Dengan Bitcoin, tidak ada nomor kartu kredit yang bisa dikumpulkan oleh pelaku jahat untuk meniru Anda. Faktanya, bahkan memungkinkan untuk mengirim sebuah pembayaran tanpa harus mengungkapkan identitas Anda, sama seperti uang asli. Bagaimanapun Anda harus mencatat bahwa diperlukan beberapa upaya untuk melindungi privasi Anda.

Sumber :


 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grocery Coupons